Tuesday, October 04, 2016

Norma Dan Etika Dalam Pemasaran, Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Dan Finansial - MINGGU 4

A. Norma dan Etika Bidang Pemasaran

1. Etika pemasaran dalam konteks produk:
Ø  Produk yang dibuat berguna dan dibutuhkan masyarakat
Ø  Produk yang dibuat berpotensi ekonomi atau benefit 
Ø  Produk yang dibuat bernilai tambah tinggi
Ø  Produk yang dapat memuaskan masyarakat

2. Etika pemasaran dalam konteks harga:
Ø  Harga diukur dengan kemampuan daya beli masyarakat
Ø  Perusahaan mencari margin laba yang layak
Ø  Harga dibebani cost produksi yang layak

3.Etika pemasaran dalam konteks tempat / distribusi :
Ø  Barang dijamin keamanan dan keutuhannya
Ø  Konsumen mendapat pelayanan cepat dan tepat

4.Etika Pemasaran dalam konteks promosi :
Ø  Sebagai sarana menyampaikan informasi yang benar dan obyektif
Ø  Sebagai sarana untuk membangun image positif
Ø  Tidak ada unsur memanipulasi atau memberdaya konsumen
Ø  Selalu berpedoman pada prinsip-prinsip kejujuran
Ø  Tidak mengecewakan konsumen

B. Norma dan Etika pada Bidang Produksi
                Pengertian produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa baru sehingga dapat menambah jumlah, mengubah bentuk, atau memperbesar ukurannya.
Hal yang wajib diperhatikan dalam etika produksi (Bisnis):

1. Nilai
Nilai merupakan aturan main yang dibuat pengusaha dan menjadi  patokan dalam berusaha.

2. Hak dan Kewajiban 
Pengusaha yang mengerti etika akan meminta haknya sebagai pihak yang mendapat keuntungan dari hasil usaha, namun ia juga memahami kewajibannya. Misalnya menggaji karyawan/ membayar pajak dan sebagainya.

3. Peraturan moral
Acuan tertulis yang sangat penting bagi pengusaha ketika mengalami dilema atau permasalahan, baik internal atau eksternal.

4. Hubungan manusia
Beberapa sikap pengusaha yang menunjukkan sikap kepedulian terhadap hubungan manusia sebagai berikut:
                a. Menepati janji yang telah dibuat
                b. Saling membantu
                c. Menghargai orang lain
                d. Menghargai milik orang lain

C. Norma dan Etika pada Manajemen Sumber Manusia
                Etika manajemen sumber daya manusia dapat diartikan sebagai ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip etika tehadap hubungan dengan sumber daya manusia dan kegiataannya.

Penyebab Perilaku Tidak Etis
Penyebab perilaku tidak etis meliputi tiga aspek yaitu:
a.Karyawan memiliki kemampuan kognitif yang rendah. 
b.Adanya pengaruh orang lain, keluarga, ataupun norma sosial.
c.Adanya ethical dilemma.

Perencanaan Strategi Konsep Etika
Langkah-langkahnya sebagai perencanaan strategi konsep etika yaitu:
Ø  Menentukan standar etika yang ingin ditanamkan
Ø  Mengidentifikasi faktor-faktor etis kritikal yang dapat digunakan dalam mendorongnya konsep etika perusahaan
Ø  Mengidentifikasi kemampuan, prosedur, dan kompetensi yang diperlukan
Ø  Mengintegrasikan konsep etika dalam strategi bisnis yang diperlukan
Ø  Mengembangkan langkah-langkah konkret yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan, mengawasi, dan mengevaluasi konsep etika yang dijalankan
                Tujuan utama dalam konsep penanaman nilai-nilai etika ini bukan hanya untuk kedisiplinan tetapi lebih pada usaha-usaha untuk meningkatkan kepedulian karyawan terhadap perkembangan nilai-nilai etika yang lebih berarti.

SUMBER: 
http://kartikasandiutami.blogspot.co.id/2015/11/tugas-2-model-etika-dalam-bisnis-sumber.html


No comments:

Post a Comment